Proposal Masjid

PROPOSAL

PEMBANGUNAN MASJID AL MUHAJIRIN

PENDAHULUAN

I. KONTRUKSI BANGUNAN

II. PEMBIAYAAN

III. SUMBER DANA

IV. KEPENGURUSAN

V. PENUTUP

 

PROPOSAL

PEMBANGUNAN MASJID AL MUHAJIRIN

Pendahuluan

Atas sumbangan dari pengembang Perumahan Kaliwungu Indah di desa Preotomulyo, masjid Al MUHAJIRIN didirikan di atas tanah seluas 688 m2 dan telah dimanfaatkan untuk kepentingan tempat ibadah kaum muslimin sejak dibangun pada tahun 1995.

Masjid ini berlokasi di Komplek Perumahan Kaliwungu Indah Blok A1 Rt.01 Rw 10, Desa Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Jamaah Masjid ini adalah warga komplek Perumahan serta Desa desa sekitar Komplek Perumahan.

Dalam kegiatan-kegiatan Shalat Jum’at maupun acara – acara lainnya Masjid Al MUHAJIRIN sudah tidak mampu lagi menampung jamaahnya, dan melimpah sampai ke teras Masjid. Kondisi ini mengakibatkan pelaksanaan ibadah menjadi kurang khusuk dan kurang nyaman.

Di samping itu, fungsi masjid belum bisa menunjang kebutuhan untuk syiar Islam seperti dalam bidang pendidikan, kegiatan sosial, perpustakaan dan sebagainya, disebabkan tidak adanya ruang yang dapat di pergunakan untuk keperluan tersebut.

Berdasarkan kondisi diatas, maka pembangunan kembali masjid sudah sangat mendesak, sehingga fasilitas dari bangunan yang direncanakan akan dapat ditingkatkan fungsinya, bukan hanya sebagai tempat ibadah/shalat, tetapi juga dapat mendukung berbagai kegiatan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan perkembangan intelektual yang Islami, melalui pendidikan, program-program diskusi, seminar, penyediaan perpustakaan dsb, sehingga Masjid Al Muhajirin dapat berfungsi sebagai pusat komunikasi secara visual maupun media tertulis dan lainnya.
  2. Menunjang kreasi seni/budaya yang Islami yang kita harapkan dapat melahirkan dan menginspirasi terciptanya karya seni modern sesuai dengan perkembangan abad 21 nanti.
  3. Perluasan bangunan masjid dengan sendirinya akan meningkatkan jamaah, sehingga Shalat Jum’at maupun acara – acara periodik yang diadakan dapat berjalan khusuk dan tentram.
  4. Tersedianya ruangan untuk kantor dan kegiatan remaja masjid yang akan dilengkapi dengan komputer serta ruangan operasi yang lainnya akan meningkatkan kelancaran operasional dan managemen masjid Al MUHAJIRIN.
  5. Bangunan fisik yang memadai dan fasilitas masjid yang baik akan memungkinkan dilaksanakannya pembinaan dan pendidikan generasi muda Muslim yang lebih intens dan berkualitas, sehingga proses regenerasi akan berjalan dengan optimal.

I. KONSTRUKSI BANGUNAN MASJID

Bangunan Masjid akan dirombak seluruhnya menjadi bangunan baru dengan 2 (dua) lantai dan di mungkinkan untuk 3 (tiga) lantai serta kubah, lengkap dengan kubah dan menaranya.

Pelaksanaan pembangunan direncanakan akan dilakukan secara bertahap sehingga tidak mengganggu kegiatan peribadatan rutin selama pembangunan berjalan.

Bangunan masjid terdiri dari 2 (dua) lantai dengan pengaturan ruang sebagai berikut :

A. LANTAI DASAR ( SATU )

Lantai dasar merupakan areal shalat laki-laki dan kantor serta perpustakaan.

B. LANTAI DUA

Lantai kedua merupakan areal shalat bagi ibu-ibu atau perempuan dan anak-anak

II PEMBIAYAAN

Pembangunan masjid diperkirakan akan menghabiskan biaya sekitar Rp. 1.821.600.000,00 (Satu milyar delapan ratus dua puluh satu juta enam ratus ribu  rupiah) dengan perincian sebagai berikut :

  • Rp. 4.287.000,00 Untuk Pekerjaan Pendahuluan
  • Rp. 1.027.585.125,20 Untuk Pekerjaan Struktur
  • Rp. 536.269.925,00 Untuk Pekerjaan Arsitektur
  • Rp. 40.000.000,00 Untuk Pekerjaan Mekanikal & Elektrikal
  • Rp. 213.490.215,00 Untuk Pekerjaan Menara

Pembangunan Masjid itu sendiri akan dilakukan secara bertahap, dimulai dengan membangun bagian luar dari gedung lama sehingga kegiatan shalat sehari-hari dapat terus berjalan. Pembangunan akan dimulai setelah terkumpul dana cukup, dengan prioritas pelaksanaan sebagai berikut:

  1. Struktur pondasi Cakar Ayam.
  2. Struktur lantai 1 terdiri dari sloof dan pier
  3. Struktur lantai 2 terdiri dari pengecoran lantai dan pier
  4. Struktur atap terdiri dari pengecoran atap
  5. Struktur Kubah
  6. Pondasi Menara
  7. Struktur Menara
  8. Dinding termasuk Pintu dan jendela
  9. Mekanikal dan Electrikal
  10. Finishing

III SUMBER DANA

Dana yang diperlukan untuk pembangunan masjid tersebut, diharapkan berasal dari Sumber dana sbb:

  • Partisipasi warga Komplek Perumahan Kaliwungu Indah Blok A1 Rt.01 Rw 10, Desa Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, Semarang, Jawa Tengah
  • Donasi dari lembaga-lembaga baik Dalam maupun Luar Negeri.
  • Dari Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah
  • Donasi dari Perusahaan-perusahaan disekitar masjid , Hibah Individu dll
  • Donasi dari umat dan masyarakat umum, baik berupa infak, sodaqoh maupun zakat mal.

IV KEPENGURUSAN

Pengembangan bangunan dan kegiatan masjid ini ditangani oleh kepengurusan / kepanitiaan yang independent, profesional, berdasarkan prinsip keterbukaan transparan serta efisien. Baik Pengurus maupun Panitia Pembangunan masjid Al MUHAJIRIN, dibentuk dan bernaung di bawah Yayasan “AL MUHAJIRIN KALIWUNGU INDAH” yang didirikan dengan Akte Notaris Nomor : 28 Tanggal : 28 Agustus 2012.

Yayasan “AL MUHAJIRIN KALIWUNGU INDAH”  adalah yayasan yang murni dan semata-mata sebagai wadah kegiatan sosial/agama, dimana semua anggota kepengurusan/kepanitiaan adalah warga komplek Perumahan Kali Wungu Indah dan bukan yayasan keluarga, sehingga profesionalitas/transparansi adalah landasan management yayasan.

Gambar :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s